Saturday, June 01, 2013

Tutorial Amankan Data Penting dengan Cobian Backup Free

Tutorial Amankan Data Penting dengan Cobian Backup Free

Hari ini, untuk kesekian kalinya warnetku terkena masalah yang cukup serius. Operator jaga melaporkan bahwa komputer billing mati dengan tiba-tiba tanpa tahu sebabnya. Setelah dihidupkan kembali komputer memang bisa berjalan normal, namun data Billing Handycafe yang kita gunakan ternyata sudah rusak. Persoalan semakin rumit, karena ternyata sang operator lupa melakukan backup manual yang seharusnya dilakukan secara berkala. Padahal warnet kita menggunakan sistem member, dimana beberapa member memiliki waktu yang telah dibeli namun belum terpakai. Kerusakan yang terjadi pada jam sibuk membuat situasi semakin panas, akhirnya aku putuskan menggunakan data backup terakhir yang sempat disimpan.


Billing kembali berjalan dengan baik, tetapi tentu saja datanya sudah tidak akurat, beberapa member kaget saat melihat waktunya sudah nol, dan member yang waktunya kembali ada padahal harusnya sudah habis tentu diam-diam saja... hehehehe..... Untuk menjaga kepercayaan pelanggan aku putuskan mengganti waktu member yang hilang tanpa peduli mereka berbohong atau tidak.... resiko dah.... 

Untuk mencegah hal ini di kemudian hari, aku rasa perlu membuat backup data yang akurat dan otomatis. Awalnya aku berpikir menggunakan sistem syncronisasi saja, tapi belakangan dengan berbagai alasan aku putuskan menggunakan backup file sekaligus syncronisasi ke 4shared, dengan begitu kita memiliki dua backup offline dan online.
Sebenarnya Handycafe sendiri ada fungsi backup, lho kok gak dipake...??? Jujur saja, walau sudah pake Billing Handycafe lebih setahun, tapi sampai saat ini aku blom temukan cara restore backup yang disediakan oleh Handycafe. Jadi sampai hari ini tuh file backup Handycafe hanya menuh-menuhin harddisk aja....
Solusinya ??? Langsung cari beberapa aplikasi backup yang gratisan. Kok yang gratisan....? Kan cuma backup file kecil..... yang gratisan dah cukuplah... Ada banyak aplikasi backup yang gratisan, diantaranya yang sempat diuji coba adalah Allways Sync, Synback, Synkron, Comodo Backup, Ocster Backup dan terakhir Cobian Backup. Dari aplikasi-aplikasi tersebut Cobian Backup dari CobianSoft.com menjadi pilihan yang paling cocok untuk persoalan di atas.
Selain gratis, Cobian Backup cukup mudah digunakan namun juga sangat handal dan lengkap dari segi future-nya ditambah tidak rakus memori. Mungkin wajar saja, mengingat aplikasi ini dulunya adalah aplikasi berbayar. Nah... Sekarang kita langsung ke TKP....
Langkah-langkah yang akan kita jalankan adalah sebagai berikut :
Instal Cobian Backup
1.​ ​Download file Cobian Backup Free di cobiansoft.com. Di sini kita akan menggunakan versi 10 Boletus, alasannya karena versi 11 masih beta.
2. ​   Kemudian install Cobian Backup 10 dengan mengklik dua kali pada file installasinya, dan akan tampil seperti gambar di bawah ini :​
Pilihan Bahasa
3.​Klik Next, sehingga muncul
4.​Klik pada pilihan I accept, lalu klik Next
5.​Klik Next
6.​Pada Service options, pilih Use the Local System account, lalu klik Next
7.​Klik Yes
8.​Klik Next
9. Klik Done. Instalasi Cobian Backup telah selesai, saatnya kita mengatur supaya Cobian Backup  melakukan backup file-file yang kita butuhkan.
Setting Cobian Backup
Dalam hal ini kita inginkan dilakukan oleh Cobian Backup adalah mengkompress folder "db" pada folder instalasi Handycafe ke folder "Backup_Handycafe" setiap sepuluh menit dengan membuat file zip yang baru setiap kali melakukan backup. Lanjuut....
1.​ Buka aplikasi Cobian Backup, klik kanan pada Icon Cobian Backup berupa gambar jamur pada taskbar (Lihat gambar di bawah). Kemudian Klik Open.





2.Anda akan dihadapkan menu seperti gambar di bawah ini :
3.​Klik gambar jam 
4.Pada Tab General, isikan Task Name dengan "Handycafe_Backup" atau nama lain yang anda inginkan, dan matikan centang pada Use Volume Shadow Copy, lalu klik Tab Files

5.Di Tab Files pada kolom Source, klik add, pilih directory, lalu arahkan ke "C:\Program Files\handyCafe\Server\Db" ini adalah folder sumber data yang akan dibackup, kemudian pada kolom Destination adalah tempat dimana file hasil backup akan ditempatkan. Untuk itu dalam hal ini kita membuat folder di drive D dengan nama Backup_Handycafe, nah sekarang arahkan ke kolom Destination ke folder tersebut. Maka tampil seperti gambar di bawah ini :
6.​Sekarang, klik Tab Schedule. 
7.​Pada kolom "Schedule type" pilih "Timer", dan pada kolom "Timer (minutes)" isi dengan 10, lalu pindah ke tab Archive.

8.​ Pada kolom Compression type, pilih Zip compression. Settingan telah selesai. Jangan lupa klik OK, supaya settingan kita tersimpan sehingga akan muncul menu seperti ini:
9.​ Sekarang kita telah memiliki satu Task bernama "Backup_Handycafe", namun task ini belum aktif, untuk mengaktifkannya klik gambar task tersebut lalu klik gambar "disket" untuk running task. Maka akan tampil menu konfirmasi seperti berikut :
10.​ Klik OK. Seharusnya, sampai di sini backup akan berlangsung setiap sepuluh menit dan akan ditandai dengan munculnya menu seperti di bawah ini di sudut kanan bawah desktop kita setiap sepuluh menit.

Selesai....................... Semoga bermanfaat.....................
NB: Folder "db" hanya menyimpan catatan transaksi di billing Handycafe, sedangkan bila ingin menyimpan settingan lain dari Handycafe seperti settingan di "option" misalnya maka sebaiknya anda juga membackup folder "server", setidaknya sekali sebulan atau setiap ada perubahan pada menu "option".
Di bawah ini adalah gambar hasil backup setelah berjalan sekitar 30 menit. Dalam hal ini folder "db" belum berisi transaksi jadi filenya masih sangat kecil.

No comments:

Post a Comment

Jika Blog ini bermanfaat untuk anda. Silakan Tinggalkan Komentar Anda

Download Kalender 2021 Masehi / 1442 Hijriyah

Sumber artikel :  https://pintardesain.com/download-kalender-2021/ Download Kalender 2021 Masehi / 1442 Hijriyah File CorelDraw. Lengkap 12 ...